Talkshow dan Workshop Peningkatan Literasi TIK Aparatur Kelurahan di Bogor

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM mengadakan sebuah talkshow dan workshop berjudul Peningkatan Literasi TIK Aparatur Kelurahan Dalam Rangka Implementasi e-Government”. Acara ini dihadiri oleh 100 peserta yang merupakan Aparatur Kelurahan, Kecamatan dan Dinas Pemerintahan di Kota Bogor. Acara yang berkordinasi dengan dengan Dinas Kominfo Kota Bogor ini terdiri dari dua sesi.

Sesi pertama berupa talkshow diisi tiga pembicara yaitu Bapak Aizirman Djusan, M.Sc, Econ yang merupakan Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Bapak Dr. Ir deddy S Bratakusumah, M.Sc, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sementara pembicara ketiga adalah Bapak Naufal Isnaeni, S.Si, MT, Kepala Seksi Telematika dan Pengelolaan Data Elektronik Kantor komunikasi dan Informatika Kota Bogor.  Ketiga pembicara tersebut berdiskusi dengan para peserta mengenai perkembangan TIK  di lingkungan Pemerintahan Daerah.

Di sesi berikutnya, Bapak Indriyatno Banyumurti yang merupakan Owner dan Trainer dari PT  Chelonind Integrated berkesempatan untuk menjadi instruktur pada sesi Workshop. Pada sesi ini Bapak Indriyatno memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan sumber daya TIK bagi Aparatur Pemerintahan di Lingkungan Kota Bogor. Di sesi ini juga Bapak Indriyatno menjelaskan mengenai aplikasi komputer bernama desamembangun.or.id yang bisa digunakan untuk menyusun administrasi kependudukan untuk memudahkan aparatur kelurahan dalam pembuatan KTP, pengantar pembuatan SKCK, Pembuatan Kartu Keluarga dan lain-lain.

Para peserta yang merupakan sebagian besarnya adalah Lurah di Kota Bogor terlihat antusias menerima pemaparan materi dan berdiskusi aktif dalam workshop ini. Beberapa peserta mengungkapkan mendapatkan pengetahuan yang aplikatif dalam pemanfaatan Teknologi informasi dan komunikasi yang bisa diterapkan di lingkungan kerjanya.

Acara yang juga dihadiri oleh Plh Sekda Kota Bogor, Ade Syarif, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan serta membuka wawasan para aparatur pemerintahan di lingkungan pemerintahan Kota Bogor.