Diklat Teknis Aplikasi Perkantoran dengan Open Source Software di Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat

Padang – Badan Diklat Provinsi Sumatera  Barat telah melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Aplikasi Perkantoran dengan materi Open Source Software (OSS). Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari kerja terhitung mulai tanggal 9 s.d 13 Juli ini terselenggara atas kerjasama dengan PT. Chelonind Integrated yang terlibat sebagai Narasumber dan Instruktur pada kegiatan tersebut. Kegiatan Diklat Teknis diikuti oleh 30 peserta dari berbagai perwakilan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Diklat Teknis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk aparat pemerintah ini secara rutin diselenggarakan oleh Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan penguasaan bidang TIK dan meningkatkan kapabilitas SDM TIK di pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Keluarannya, diharapkan peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kegaitan dalam pekerjaan sehari-hari.

Diklat dengan tema Open Source Software rupanya masih awam bagi sebagian peserta. Dari kuesioner yang diberikan, hanya 54% dari 30 peserta yang pernah mendengar tentang Open Source Software. 46% sisanya belum pernah mendengar dan belum familiar dengan penggunaan free software. Padahal, sesuai dengan Surat Edaran MENPAN No. SE/01/M.PAN/3/2009 menyebutkan bahwa “Penggunaan perangkat lunak legal Open Source Software (OSS) diharapkan sudah dapat diterapkan oleh instansi pemerintah paling lambat 31 Desember 2011″.Oleh karena itu, pelatihan OSS ini sangat tepat diselenggarakan sebagai upaya awal pembentukan SDM dalam rangka migrasi ke software legal.

Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat dalam pidatonya ketika pembukaan juga menyebutkan bahwa diklat teknis dengan tema serupa akan lebih sering diselenggarakan di tahun-tahun selanjutnya dengan pola berjenjang dan leveling dalam tema dan tipe pesertanya.  Sehingga masalah rendahnya SDM yang menguasai bidang TIK sedikit demi sedikit dapat teratasi.

Di akhir Diklat, peserta memberikan pesan dan kesan selama penyelenggaraan Dilklat. Beberapanya menyebutkan bahwa materi Open Source Software yang diberikan sangat berguna dan bermanfaat untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok sehari-hari. Dan diharapkan diklat dengan tema serupa dapat lebih sering dilaksanakan untuk aparat pemerintah lainnya maupun peserta lanjutan dengan leve kompetensi yang lebih tinggi.